pembekalan

(Semarang, fs.walisongo.ac.id) – Jum’at (14/3/2014) Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo melaksanakan agenda akademik berupa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Genap. Acara dimulai pukul 08.30 WIB di ruang Laboratorium Hukum Fakultas dengan dihadiri oleh semua pejabat di lingkungan Faklutas Syari’ah. Dari mulai Pgs. Dekan, Wakil Dekan, Kabag. TU hingga semua Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta dosen pembimbing. Coaching PPL bertujuan untuk memberikan pembekalan materi kepada para mahasiswa Fakultas Syari’ah guna mempersiapkan diri dalam rangka PPL. Acara Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan sehingga target khusus yang merupakan target kompetensi program studi dapat tercapai.

“PPL kali ini diharapkan ada peningkatan kualitas dari PPL sebelumnya agar mahasiswa Fakultas Syari’ah dapat memahami betul dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan PPL. Sehingga mahasiswa semua dapat mengaplikasikan teorinya secara maksimal kelak di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri,” papar Novita Dewi Masyithoh, SH.,MH.  selaku ketua pelaksana PPL. PPL sejatinya memang sangat berharga untuk pengalaman agar mahasiswa lebih matang dalam memahami hukum. Karena dalam PPL mahasiswa langsung diterjunkan ke pengadilan secara langsung mereka menyaksikan persidangan dan juga tata cara pendaftaran perkara. PPL akan dilaksanakan selama 2 minggu, 1 minggu di Pengadilan Agama (PA) Kab. Kendal (17-22/3/2014) dan 1 minggu di Pengadilan Negeri (PN) Kota Semarang. Kemudian setelah pelaksanaan PPL Mahasiswa mengumpulkan laporan PPL dan melaksanakan ujian PPL.

Adapun jumlah mahasiswa yang melaksanakan PPL, untuk angkatan ini sejumlah 61 yang terdiri dari jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah (AS) Jinayah Syiasah (JS) dan Muamalah (MU). Dosen pembimbing kali ini ada tiga, yakni Dr. Mahsun, M.Ag , Drs. Rokhmadi, M.Ag., dan Sri Isnani Setiyaningsih, S.Ag., M.Hum. Beliau adalah pembimbing-pembimbing muda yang energik dan berpengalaman.  Dr. H. Abdul Ghofur, M.Ag.  selaku Pgs. Dekan dalam sambutannya, berpesan kepada seluruh mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL harus bersemangat dan selalu belajar. Ada tiga pesan penting dalam sambutan beliau, pertama; mahasiswa jangan hanya melihat dan melihat saja. Akan tetapi harus mengamati secara seksama agar bisa mengerti dan memahami kegiatan PPL ini. Kedua; jaga sikap dan nama baik almamater kampus kita. Ketiga; ikuti tata tertib dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebaliknya, Kata Pgs. Dekan Fakultas Syari’ah, jika mahasiswa sekalian tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan PPL maka hasil yang akan anda dapatkan juga tidak akan baik dan maksimal. Jadi, PPL kali ini harus lebih semangat dan sungguh-sungguh.
Selesai pembukaan kemudian dilanjutkan dengan materi-materi yang akan diaplikasikan dalam PPL. Prosedur Beracara di Pengadilan Agama dari PA Kendal Drs. Suyudi, M.Hum, Hukum Acara Perdata Oleh Drs. Taufik, MH., Hukum Acara Pidana oleh Briliyan Erna Wati, SH. M.Hum., Proses sertifikasi tanah wakaf dan simulasi perwakafan oleh petugas KUA Kec. Tugu, dan Proses Pencatatan Pernikahan dan Simulasi akad dan pencatatan nikah oleh petugas KUA Kec. Ngaliyan.

cartoon porn