FSH_News, Semarang (09/06), Prodi S2 Ilmu Falak berkesempatan untuk menghadirkan lebih dari 100 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia melalui Webinar Nasional dengan tema “Refleksi 1 Dasawarsa serta Temu Jejaring Alumni Prodi S2 Ilmu Falak dalam Rangka Sosialisasi Penjaringan Calon Mahasiswa Baru Prodi S2 Ilmu Falak”. Turut hadir dalam acara tersebut tamu undangan yang berasal dari Asosiasi Dosen Falak Indonesia, mahasiswa ilmu falak seluruh Indonesia, dan calon mahasiswa yang memiliki minat untuk melanjutkan studi di S2 Ilmu Falak, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang.

Berkesempatan menjadi narasumber dalam webinar nasional tersebut adalah Ketua Asosiasi Dosen Falak Indonesia, Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag., Dosen Astronomi Institut teknologi Bandung, Dr. Muhamad Irfan Hakim, M.Si., Kepala Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas, Badan Informasi Geospasial, Dr. –Ing. H. Khafid, Dosen Ilmu Falak sekaligus pengajar di Pondok Pesantren Bahrul Huda Bangka Belitung, Dr. Ahmad Fadholi, M.S.I., dan Dosen Ilmu Falak sekaligus Muslimat NU Kota Samarinda, Hj. Vivit Fitriyanti, M.S.I. Pada kesempatan tersesbut, , Lajnah Falakiyah PWNU Jateng, H. M. Basthoni, M.S.I. yang juga merupakan alumni S2 Ilmu Falak, bertindak sebagai moderator. Narasumber dalam acara tersebut memaparkan materi tentang prospek dan tantangan lulusan Program Studi S2 Ilmu di era perkembangan teknologi dan informasi.

 

 

Webinar yang sekaligus merupakan strategi dari Program Studi S2 Ilmu Falak untuk menjaring calon mahasiswa baru tersebut sukses diselenggarakan dengan diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri atas alumni, mahasiswa, dan calon mahasiswa yang bergabung melalui ruang virtual zoom. Webinar tersebut dikemas dengan acara yang menarik, salah satunya yaitu testimoni dari puluhan lulusan S2 Ilmu Falak yang sukses mengembangkan keilmuan di bidang Ilmu Falak melalui berbagai profesi, antara lain dosen dan peneliti. Hal ini diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa dan calon mahasiswa S2 Ilmu Falak untuk ikut serta dan berkontribusi langsung dalam bidang keilmuan falak.

Dr. Mahsun, M.Ag., Ketua Prodi S2 Ilmu Falak menyatakan bahwa kesempatan untuk belajar di satu-satunya program studi S2 Ilmu Falak di Indonesia ini sangat luas. Hal itu juga sejalan dengan prospek tentang kebutuhan lulusan S2 Ilmu Falak masih sangat banyak apabila dilihat dari maraknya Perguruan Tinggi Islam di Indonesia yang membuka prodi S1 Ilmu Falak yang tidak diimbangi dengan SDM dosen Ilmu Falak yang memadai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here