Mahasiswa Syariah Praktik Rukyatul Hilal

0
584

SEMARANG- Untuk mematangkan llmu falak khususnya di bidang hisab rukyat, sebanyak 15 mahasiswa Fakultas Syariah program studi ilmu falak mengadakan pelatihan rukyatul hilal di Pantai Marina, (31/7) sore. 

Momentum penentuan awal Ramadan sengaja dijadikan bagi mahasiswa untuk praktek melihat dan menghitung secara rukyat maupun hisab.

Mereka dipandu Dekan Fakultas Syariah DR Imam Yahya, Ketua Program Studi Ilmu Falak, Arja Imrani dan dosen pembimbing H Sifaul Anam. Menurut Imam Yahya, pihaknya sengaja mengajak mahasiswa pada proses penentuan 1 Ramadan 1432 H untuk meningkatkan keterampilan mereka untuk menghitung awal bulan baik secara rukyat maupun hisab.

“Selama ini mereka banyak mendapatkan teori di kampus, momen awal Ramadan ini untuk mempraktekan apa yang sudah di dapat di bangku kuliah,’’ ungkap Imam di sela-sela kegiatan. Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan agenda rutin tiap tahun. “Empat tahun terakhir IAIN membagi dua tim rukyat. Satu di MAJT bersama Kemenag dan di Pantai Marina ini,’’ jelas Imam.

Asah Kemampuan

Diharapkan, dengan pelatihan ini mahasiswa lebih mengerti tentang ilmu falak (astronomi) sehingga lebih siap ketika terjun membantu masyarakat dalam bidang falak.

Ketua Jurusan Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Walisongo Arja Imroni mengatakan, mahasiswa yang mengikuti pelatihan adalah mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren dari semester 3 dan 5. “Kami juga menugaskan beberapa mahasiswa di daerah untuk melakukan penghitungan secara rukyat ataupun hisab. Ini juga penting untuk mengasah kemampuan mereka,’’ kata Arja.
Sementara itu dosen pembimbing Sifaul Anam mengatakan, beberapa mahasiswa masih belum paham betul cara melihat hilal secara benar. (adj-72)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here