FSH_News-Semarang, Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Walisongo Semarang melakukan kunjungan ke TVKU Udinus (9/9). Acara tersebut adalah lanjutan dari kegiatan training broadcasting tim humas FSH UIN Walisongo Semarang sebagai tindak lanjut MoU dengan PWI Jawa Tengah. Para peserta (Dosen, Tendik, dan Mahasiswa) sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. Dalam kegiatan tersebut para peserta belajar banyak mengenai Jurnalistik dan broadcasting.

para peserta Pelatihan Editing dan Broadcasting FSH

Muhammad Nurkhanif, selaku Koordinator humas FSH mengatakan bahwa acara pelatihan editing dan Broadcasting Tim Humas FSH dipungkasi dengan kegiatan kunjungan langsung ke dapur produksi TVKU.

Praktik siaran LIVE

“Harapan dari praktik langung di Studio TVKU ini agar kami Tim Humas Fsh dapat melihat langsung proses siaran yang baik dan juga agar FSH mampu mengadopsi model studio layaknya TVKU itu”.Ungkap Hanif.

Uraian dan penjelasan materi baik teori dan praktik yang telah disampaikan oleh narasumber dari PWI dan Tim TVKU selama kurang lebih 6 Sesi dari mulai belajar menulis berita yang layak jual hingga bagaimana cara mengambil gambar/vidio, mengeditnya hingga layak siar.

“Belajar mengenai broadcasting sangat rumit akan tetapi menyenangkan, apalagi pada saat bergelut dengan waktu ” tutur Shofa salah satu peserta.

Pada sesi akhir para peserta  diajak berkeliling di studio TVKU, melihat bagaimana proses produksi sampai dapat ditayangkan ke kalayak publik. Di dalam kegiatan tersebut peserta juga mendapatkan kesempatan merasakan langsung nuansa live news report kabar Jawa Tengah yang dibawakan langsung oleh presenter Myra Azzahra.

Kepala Produksi TVKU memaparkan secara detail alur siaran live di Studio bernuansa hitam itu.

“Dalam broadcasting tidak dapat bekerja sendiri, perlu adanya tim yang solid untuk dapat menghasilkan tayangan yang memuaskan” ucap Siswo selaku kepala produksi TVKU.

Dr. H. Ali Imron, MA.g, Wakil Dekan I,mengatakan bahwa acara ini bukan acara yang terakhir. sebagai pimpinan ia telah merancang dan merencanakan beberapa agenda yang mampu memompa dan meningkatkan skill Tim Humas FSH. [TimHumasFSH]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here