Selamat Datang Mahasiswa Santri di Fakultas Syari'ah

0
293
Bagi sebagaina masyarakat, ilmu falak dikenal sebagai ilmu untuk menentukan waktu sholat dan puasa Ramadlon bagi umat Islam. Namun secara maknawi ilmu falak merupakan Ilmu Astronomi itu sendiri. Pada zamannya (sebelum dipergunakan teleskop), Ilmu Astronomi sebagai sebuah Observational Science hanya bisa mempelajari posisi benda-benda langit semata.
Bahkan dalam dunia Islam ilmu falak bukan lah ilmu baru yang ditemukan waktu belakangan ini. Para ahli falak Islam ketika itu telah menghasilkan karya-karya sains astronomi yang monumental. Beberapa di antaranya adalah Alfarghani (Element of astronomy, 833M ), Nasruddin at-Tusi ( Memoir of Astronomy yang merupakan kajian akan sistem keplanetan ), Ulugh Beg (Zij-i-Sultani yang merupakan katalog 994 bintang yang diamati dari Observatoriumnya, 1437 ), Ibnu Shatir (The Final Quest Concerning the Rectification of Principles).
Demikian pokok-pokok bahasan yang disampaikanoleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang, Dr. Imam Yahya, M.Ag. pada acara pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) mahasiswa baru Konsentrasi Ilmu Falak Fakultas Syariah TA 2011/2012 yang diselengarakan di Penerbad Semarang (18/7). Sejumlah 29 mahasiswa baru digembleng untuk mempersiapkan mental spiritual dan tentunya persiapan fisik untuk menyambut perkuliahan yang akan dilaksanakan awal September nanti.
Para mahasiswa KIF ini merupakan santri terbaik yang telah diseleksi oleh PD Pntren Kementrian Agama RI secara nasional yang diikuti lebih dari 250-an pendaftar program ini. Maka sudah seharusnya mereka bangga karena mendapatkan kesempatan emas yang tidak akan mungkin datang untuk kedua kalinya.
Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang sebagai satu-satunya penyelenggara program Ilmu Falak di S.2, S.3 dan S.3 di Indonesia ini bertekad bahwa lulusan S.1 Ilmu Falak harus mampu menghasilkan ahli-ahli hisab handal yang bisa mengamalkan ilmunya di tengah masyarakat. Kesempatan mereka di samping sebagai Hakim, Pengacara, dan penegak hukum lainnya, mahasiswa Falak harus mempunyai kelebihan dalam bidang ilmu falak baik teoritis maupun praktis.
Selamat datang, ahlan wasahlan bikhudurikum fi jamiyyatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here