Salah Satu Putra Terbaik FSH Raih Predikat Disertasi Terbaik UIN Walisongo

0
76

FSH_News – (24/8) Fakultas Syari’ah & Hukum (FSH) Kembali mendapatkan anugerah pada wisuda Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo periode Agustus 2021. Pasalnya, Wakil Dekan II FSH Dr. H. Tolkah, M.A, berhasil meraih penghargaan disertasi terbaik pada acara wisuda D3 ke-29, S1 ke-81, S2 ke-48 dan S3 ke-24 UIN Walisongo siang tadi secara virtual.

Disertasi berjudul “Alternative Dispute Resolution (Adr) Dalam Islam: Studi Terhadap Pemikiran Al-Mawardi Tentang Sulh” karya tolkah ini mengulas habis Pemikiran sulh alMawardi yang terbentuk sebagai hasil dialektika antara al-Mawardi dengan lingkungannya, yakni masa kemunduran Bani Abbasiyah dan usahausaha mempertahankan tetap tegaknya kekuasaan itu.

“Sulh al-Mawardi dapat digunakan untuk menyelesaikan semua jenis sengketa atau konflik hak manusia”, Jelas Tolkah.

Dr. H. Tolkah, M.A. Wakil Dekan II FSH

Dr. H. Mohamad Arja Imroni, M.Ag sangat apresiatif terhadap capaian prsetasi wakil dekan II FSH itu. Ia mengatakan bahwa ilmu tentang resolusi konflik sangat diperlukan di era disrupsi yang  penuh dengan tantangan dan tidak jarang menimbulkan gesekan dan konflik. Maka tentunya kajian refleksi pemikiran Al-Mawardi ini dapat dijadikan sebagai suatu alternatif dalam menyelesaikan konflik-konflik.

“Suatu pemikiran yang sangat relervan untuk pengembangan ADR, khususnya mediasi, di Indonesia. Posisi sulh dalam pemikiran al Mawardi dalam kerangka Alternative Dispute Resolution (ADR) menempati mediasi, konsiliasi dan negosiasi”, Ungkap Arja. [TimHumas]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here