Pertahankan Kualitas PPL Daring, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Gelar Pembekalan Virtual PPL

0
342

FSH_News – Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Gasal 2019/2020, pada Senin (29/6) secara daring melalui media Zoom. Briliyan Erna Wati, selaku Ketua Panitia PPL melaporkan sebanyak 504 mahasiswa dari 5 jurusan/program studi yang akan mengikuti kegiatan PPL ini. Rangkaian kegiatan ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 1 Juli s.d. 17 Agustus 2020.

Dalam sambutannya, Dekan FSH, Mohamad Arja Imroni menyampaikan demi lancarnya kegiatan PPL yang akan dilaksanakan secara daring, FSH mengusulkan adanya revisi penganggaran untuk pemberian stimulan untuk mahasiswa masing-masing dua ratus ribu rupiah, selain itu ada pemberian headset dan kaos.

Senada dengan Dekan, H. Tolkah selaku Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Keuangan menyampaikan hal-hal terkait revisi anggaran tersebut.

“Prosedur keuangan negara memangtidak simple. Ketika ada revisi, maka kita harus taat pada jadwal revisi, yang dilakukan berbarengan dengan revisi anggaran lainnya di UIN Walisongo Semarang. Meskipun uangnya dari uang UKT, revisi anggaran tetap harus sampai ke Kementerian Keuangan.” Ungkap Tolkah.

Adanya pandemi Covid-19 tentu berakibat pada pelaksanaan PPL tahun ini, dimana mahasiswa tidak dapat melaksanakan kegiatan PPL secara langsung di kantor PA/PN/Kejaksaan. Untuk itu, panitia PPL merumuskan model PPL baru, menyesuaikan dengan kondisi dimaksud. Nantinya, mahasiswa diharuskan untuk menganalisis putusan-putusan pengadilan secara individu dan membuat video moot court online secara berkelompok.

Mahasiswa diharap dapat mematuhi panduan PPL agar semua dilaksanakan dan selesai sesuai jadwal. Kegiatan pembekalan PPL diakhiri dengan tanya jawab antara mahasiswa dan panitia terkait teknis pelaksanaan PPL. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Ali Imron, menegaskan pentingnya kerja sama antara panitia, dosen DPL, dan mahasiswa, demi kelancaran kegiatan PPL model baru ini. (TIM HUMAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here