IAIN Akan Buat Planetorium

0
2048

(Semarang, Syari’ahwalisongo.ac.id) – Setelah menjadi UIN nanti tahun 2013, IAIN akan memiliki Planetarium Jateng. Hal ini disampaikan Musa Hadi tim pelaksana proyek Islamic Developmant Bank (IDB), di IAIN Walisongo Semarang disela-sela acara penilaian proyek IDB, terhadap pengembangan IAIN Walisongo kemarin, Jumat (11/5) di ruang sidang rektorat lantai 3 IAIN Walisongo.

Dikatakan, selain memiliki planetarium, IAIN akan membangun hall and student centre, general library, fakulty of building, dan beberapa gedung baru perkuliahan. Pembangunan akan memakan lahan seluas 32.400 m2 di sebelah barat Fakultas Dakwah kampus 3 IAIN. rencananya bangunan nanti akan sampai di sekitar taman lele. Perluasan pembangunan IAIN dari asalnya 36.156 m2 akan ditambah 32.400 m2. Jadi nantinya luas area di IAIN Walisongo akan meningkat sebanyak 68.556 m2.
“Tim IDB telah menerima proposal pengajuan pembangunan di IAIN sebesar 28.750.000 US dollar. Kemarin Abdi Majid dari Jedah Makkah dan   Razaq Ratni dari Malaysia melakukan verifikasi lapangan serta menilai presentasi tentang skema proyek pembangunan IAIN. mereka menilai apakah lahan yang nanti akan dibangun itu sesuai kebutuhan reality building atau tidak,” paparnya.

Rektor IAIN Walisongo mengatakan, planetarium ini nanti dibuat guna penelitian mahasiswa dan dosen IAIN serta para ahli astronomi di Jawa Tengah. Sehingga nantinya kita tidak perlu untuk jauh-jauh ke Jakarta, akan tetapi penelitian cukup dilakukan di IAIN.

Selain itu, pembangunan ini dilatarbelakangi dengan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa tiap tahun, serta persiapan perubahan  IAIN menjadi UIN, tentu lembaga membutuhkan banyak laboratorium maupun gedung perkuliahan bagi mahasiswa. Hal ini bertujuan agar nantinya para mahasiswa dalam pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

“Ke depan, kami akan membuka 24 program studi, serta akan menambah fakultas baru, yaitu fakultas saint dan teknologi. Selain empat fakultas yang sudah ada yakni, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, Fak. Ushuluddin dan Fak. Dakwah,” ungkapnya.(soim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here