Fakultas Syari'ah Mulai Membuka Pendaftaran Mata Kuliah Semester Genap

0
343

(Kampus, Syari’ahwalisongo.ac.id) – Rabu, (20/2) Sub Bagian Akademik Kemahasiswaan Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang mulai membuka pendaftaran mata kuliah semester genap Tahun 2012/2013. Tempat pendaftaran secara online dilakukan di Laboratorium Komputer, kantor lama Fakultas Syari’ah.

Kampus yang biasanya sepi , pada hari ini (20/2) nampak ramai. Terlihat disebelah pojok-pojok gedung dan ruangan-ruangan gedung nampak mahasiswa sedang sibuk membuka laptop untuk melakukan pendaftaran mata kuliah secara online. 


Untuk pendaftaran mata kuliah saat ini IAIN Walisongo menggunakan sistem online yang disebut SIA (Sistem Informasi Akademik), Sistem ini merupakan salah satu pengembangan informasi untuk menuju pergutuan tinggi yang berbasis IT. Dalam hal ini Fakultas Syari’ah juga sudah menggunakan sistem tersebut tidak seperti masa lalu. Dimana dulu mahasiswa ketika akan mendaftar mata kuliah sangat susah dan harus berdesak-desakan yang akhirnya menimbulkan antrian panjang. 

Sehingga Dari antrian tersebut , menimbulkan keterlambatan dalam pendaftaran mata kuliah. Akan tetapi saat ini pendaftaran mata kuliah bisa lebih cepat karena mahasiswa bisa melakukan pendaftaran secara online, sehingga hanya tinggal ngantri di cetak KST (kartu Studi Tetap). “Untuk sekarang mahasiswa tidak terlalu susah untuk mendaftar mata kuliah. Karena sudah menggunakan sistem online. Jadi sekarang kami tidak perlu mengantri lagi untuk mendaftar,” ujar Amiril, Salah satu mahasiswa Fakultas syari’ah Jurusan Jinayah Syiasah.


Senada hal tersebut juga diamini oleh Kepala bagian akademik kemahasiswaan, Munthoha, S.Ag, MM. Beliau mengatakan bahwa untuk saat ini mahasiswa tidak perlu susah berdesakan untuk mendaftar mata kuliah di laboratorium. Sekarang mahasiswa bisa mendaftar mata kuliah secara online di warnet umum, atau bahkan menggunakan laptop dan dengan failitas full wi-fi di semua gedung Fakultas Syariah. Jadi sangat mudah untuk mendaftar mata kuliah. “Untuk saat ini mahasiswa tidak terlalu susah untuk mendaftar mata kuliah. Karena sudah menggunakan sistem online. Sistem online ini juga ditopang dengan dengan fasilitas kampus yang dilengkapi full wi-fi,” papar kepala bagian akademik.

Dengan adanya sistem pendaftaran online maka mahasiswa untuk saat ini tidak ada alasan untuk telat mendaftar mata kuliah. dengan adanya peraturan saat ini, maka apabila mahasiswa telat mendaftar mata kuliah dengan online maka nantinya tidak bisa terdaftar. “Untuk saat ini mahasiswa tidak ada alasan untuk telat mendaftar mata kuliah. Karena sudah menggunakan sistem online jadi dimana pun bisa mendaftar. Jika ada yang telat mendaftar maka tidak terdaftar sebagai mahasiswa karena di pusat komputer (puskom) di bagian akademik tingkat institut sudah tertutup dan sistem sudah terkunci,” pungkas Muntoha, S.Ag, MM di sela-sela pendaftaran mata kuliah tersebut. (C3-P)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here