Daftar Materi kuliah di AKhir Ramadhan

0
1778

Di akhir bulan Ramadhan Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang menggelar pendaftaran mata kuliah semester gasal.


(Kampus – Syariahwalisongo.co.id) – Senin, (22/08) Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang mulai membuka pendaftaran mata kuliah. Dihari pertama pendaftaran mata kuliah ini mahasiswa terlihat kompak. Pedaftaran mata kuliah ini diadakan di laboratorium Fakultas Syari’ah. Dimana gedung yang biasa disebut dengan kantor lama. Kantor ini merupakan kantor beberapa jurusan di Fakultas Syari’ah yang tidak bertempat di kantor Fakultas Syari’ah yang baru.
Diantaranya kantor jurusan konsentrasi ilmu falak, D3 perbankan syari’ah, dan ekonomi islam. Selain kantor jurusan di kantor lama itu juga ada beberapa tempat kegiatan salah satunya adalah pojok bursa efek walisongo. Dimana tempat ini merupakan pusat kegiatan pegiat semua aspek ekonomi. Sehingga pada waktu pendaftaran mata kuliah itu terlihat sangat ramai dan sesak. Sejak pagi para mahasiswa terlihat mulai berdatangan ke laboratorium tersebut.
Tempat pendaftaran mata kuliah yang terbatas itu berbanding mahasiswa fakultas syari’ah itu sangat tidak seimbang. Karena jumlah mahasiswa itu yang terlalu serentak dalam satu hari itu. Padahal, jika melihat jadwal pendaftaran mata kuliah itu diberi waktu tiga hari. Yakni dari mulai senin tanggal 22 hingga 24 mendatang. Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. Imam Yahya, M.Ag mengatakan, ”jadwal pendaftaran mata kuliah sengaja kami beri waktu tiga hari, karena untuk mengurangi kepadatan dan penumpukan saat di ruang pendaftaran mata kuliah” ujar lelaki berkumis tipis ini.
Meskipun sudah dijadwalkan tiga hari, ternyata para mahasiswa masih banyak yang memilih daftar mata kuliah dihari pertama. Terlihat dengan menumpuknya antrian mahasiswa hingga gedung H dan gedung M. Dari antrian yang cukup menumpuk itu, beberapa mahasiswa nampak lesu dan kurang bersemangat. Mungkin karena memang mereka merasa kelelahan karena puasa.
Secara kebetulan pendaftaran mata kuliah semester ini tepa di akhir bulan Ramadhan. Selain itu ada juga mahasiswa yang sudah lama tidak pulang ke kampung halaman. Sehingga nampaknya mereka sudah tidak sabar ingin meluapkan rasa kangennya dengan keluarga dirumah. ”Kami memilih daftar mata kuliah dihari pertama karena agar kami bisa cepat pulang ke rumah, mengingat sudah lama kami di Semarang karena jadi panitia Orsenik” ujar Wahid Budiman salah satu panitia Orsenik 2011.   
Tampaknya para mahasiswa sudah tidak sabar ingin bertemu keluarga. Dari itu mereka mencoba untuk mendaftar mata kuliah secara serentak. Sehingga pendaftaran terjadi penumpukan. Tapi kiranya ini tidak menjadi masalah yang serius bagi mahasiswa. Karena merupakan sudah kewajiban mereka untuk mendaftar mata kuliah. Sehingga para mahasiswa harus ikhlas bertahan satu atau dua hari lagi dikampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here